Minggu, 30 September 2012

Asemblly#8 Mencetak Karakter Hijau Background Warna Merah

Oke disini dirikoe mau posting tugas kuliah Online Bahasa Rakitan #8 / Cetak Karakter Berwarna. Oke sebelum ke pembahasan dirikoe mau menampilkan tugas bercoding rianya dulu yah...? kita intip bareng yukk...?

Nah itulah hasil dari bercoding ria dengan rumus coding dibawah ini.... :
Mantap kan mas / mba'yu....! Hemm sebelum dirikoe mengerjakan tugas bercoding ria yang selanjutnya, kita review sedikit yuk...ko bisa muncul karakter warna biru dan bacground warna merah yah...? Hemmm ya walaupun ini juga menurut Bpk. Dosen...loh!

Warna yang dimaksud disini bukan hanya warna dari teksnya saja, tapi akan termasuk juga latar belakangnya. untuk bisa mengeluarkan karakter berwarna, coba tuliskan code dibawah ini Yah...? :

Interupt 10h – Service 09h

AH = Isikan nomor service (09h)
AL = Isikan karakter yang akan dicetak
BH = Nomor Halaman (default 00)
BL = Berisi atribut dari karakter


Keterangan :
BL = Blink ( bekedip )
R = Merah
G = Hijau
B = Biru
I = Intensitas Warna
semua bit hanya bernilai 1 dan 0 saja. jika kita ingin mengatifkan bit yang bersangkutan maka kita berikan nilai 1 pada bit tersebut, demikian pula sebaliknya jika kita ingin mematikan bit tersebut.
misalkan kita ingin memunculkan karakter yang berlatar belakangbiru karakter berwarna merah berintensitas tinggi maka nilai yang kita berikan pada BL adalah 00011100b.

Nah itulah kang mas mba'yu....sedikit review tentang materi pemrograman bahasa rakitan #8 mencetak karakter berwarna....! Nah tiba lah saatnya kita pada penghujung postingan...! To The Point Ja Yah....kita intip bareng - bareng yuk.....code yang dapat memunculkan karakter berwarna hijau dengan latar belakang merah, intensitas rendah dan berkedip.

Hemm....itulah hasilny kang mas mbak yuk....semoga apa yang saya posting bermanfaat untuk saya sendiri khususnya dan untuk para pembaca yang baik hati umumnya...! 

Post By : YULIANTO WAHYUDIN / SIA201141

Sabtu, 29 September 2012

Pembahasan Pemrograman Bahasa Rakitan #7 Sequel


Disini dirikoe mau mereview materi pemrograman yang telah disampaikan oleh Bpk.Nahar Mardzyanto, M.Kom, sebagai salah satu syarat karena dirikoe izin untuk menunaikan tugas sekolah membuat kisi - kisi TIK. masih membahas tentang pemrograman bahasa rakitan #7 ( Sequel ) atau cetak kata per karakter. Pada saat tugas minggu yang lalu pak dosen menyuruh dirikoe untuk mengcoding tetapi hasilnya sangat mengherankan karena laptop koe malah ngeblank.....jian...ternyata benar adanya, pak dosen....membuat jebakan Betmen....kaya gini katanya....ada sesuatu (syahrini banget..:-)) deh....hemm....makin pusing saja dirikoe dibuatnya sebelum ada postingan yang baru dari bapak dosen.Sekedar meriview hasil codingan kemarin kita lihat saja yuk...gambar di bawah ini .... :

 
 Sempet kesel sebenernya kalau lihat hasil coding diatas karena laptop koe sempet ngeblenk dibuatnya....! Untuk melihat pembahasan yang sesungguhnya, mari kita intip bareng yuk  postingan yang di sampaikan oleh Bapak dosen kita. sebelum ke pembahasan kita rumusnya yuk supaya kita bisa belajar bareng alurnya :


 Nah ini sebuah coding yang sempet membuat kening terkenyit...karena laptop sempet ngeblank dibuatnya, kita lihat bareng - bareng pembahasanya yuk... : 

Code pertama : 
Code diatas kalau kita running memang hasilnya tidak jelas alias acak - acakan ( bahasa keren mode on ). kalau diperhatikan dengan teliti, sebetulnya hasil yang keluar benar diawal awal. namun setelah itu akan banyak karakter-karakter aneh yang itu adalah representasi dari kode-kode ASCII.
Pertanyaannya…kenapa seeeeeh bisa muncul kode-kode aneh kay gitu itu? padahal khan kita tidak memberikan kode aneh itu di data kita. coba kita jawab dengan alur saja ya…
  1. Data yang tersimpan adalah = Who Are $You (kalau kita hitung akan ada 12 karakter termasuk spasi)
  2. Register DL akan diisi dengan VKal[BX] dimana BX awal bernilai 0 (nol). sehingga saat awal DL akan terisi dengan karakter pertama dari VKal yaitu W.
  3. Perintah INT21H akan melakukan pencetakan terhadap isi dari register DL yang pada saat saat ini telah terisi W.
  4. INC BX akan mengakibatkan nilai BX akan bertambah 1. sehingga pada saat mengulang keatas lagi isi BX sudah berubah lebih besar. sehingga akibatnya pada saat pengisian DL MOV DL,VKal[BX] akan terus bergeser ke kanan yang posisinya sesuai dengan nilai BX.
  5. Nah…proses itu akan terus menerus berulang karena BX di increment. sampai kapan diulangnya? entahlah…:-) koq entahlah? ya mau gimana lagi coba..lha khan tidak ada batasnya atau perintah untuk menghentikan, padahal karakter datanya cuma ada 12 karakter. sehaingga saat nilai BX melebihi 12 ya karakter yang tercetak senemunya processor makanya jadi tidak karuan.
Kalau alurnya seperti diatas, lalu gimana caranya agar hasilnya bisa sesuai dan tidak acak - acakan ?? modifikasilah dengan menambahkan CMP, JE. dimana kita gunakan 1 karakter yang tidak kita gunakan sebagai karakter yang akan tercetak sebagai tanda berakhirnya data. misal saja kita mau mencetak WHO ARE YOU, maka di datanya kita isi dengan WHO ARE YOU$. nah..tanda $ itu akan kita gunakan sebagai pembanding di CMP. ketika isi DL  adalah $ maka lompat keluar dan selesai INT20H.

Posting By : YULIANTO WAHYUDIN / SIA201141

Jumat, 28 September 2012

Hasil Dari Coding Assembly 6 & Presensi Bahasa Rakitan 7

Disini dirikoe mau posting hasil coding dari bahasa pemrograman 6 yang minggu kemarin dibahasa sama Bpk. Nahar,M.Kom. mungkin bisa dilihat seperi gambar diatas hasil dari pengkodingan bahasa rakitan 6, yaitu untuk mencari huruf " FGHIJK " tetapi disini diri koe belum menggunakan fungsi lompatan atau JMP, masih menggunakan proses pengulangan atau looping :

Kemudian presensi untuk bahasa rakitan 7 dirikoe sendiri masih bingung dengan hasil coding yang muncul karena untuk mencari pengacakan huruf tidak di ketemukaan, hasil selengkapnya bisa dilihat pada gambar berikut :

Jujur hasilnya dirikoe sendiri pusing karena laptop Q sempat dibuat ngehank dengan hasil coding diatas.  kemudian untuk hasil coding yang kedua outputnya adalah : " Bagaiman kabar mu ...? " untuk selengkapnya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini :


Kemudian setelah tanda & yang berada di belakang huruf dipindahkan ke depan huru U, maka out put yang dihasilkan adalah " Bagaimana kabar m...?, untuk hasil selengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Jadi kesimpulanya adalah " tanda dolar digunakan untuk memberikan perintah mutlak atau supaya huruf yang ada didepanya terbaca pada saat di compile...! mungkin itu sedikit review dari materi bahasa rakitan 6 dan 7...!

Posting By : Yulianto Wahyudin

Senin, 17 September 2012

Hasil Dari Berkoding Ria Pemrograman Bahasa Rakitan 4

Inilah hasil dari bercoding ria...semalan suntuk, setelah kemarin sore dapat sms dari Bpk.Nahar untuk mengecek postingan di Blog beliau..http://mardziyant.wordpress.com/2012/09/16/bahasa-rakitan-4-register-service-interupsi/#more-35. Ternyata...hasilnya masih sama dengan yang kemarin pada saat materi Pemrograman Bahasa Rakitan di kampus... cuma ada coding yang lebih membuat dahi ini semakin mengkerut...ditambah mengkolaborasikan coding yang pada dasarnya otak ini sudah error duluan sebelum bercoding ria..., sedikit meriview... :
Seperti terlihat jelas diatas, itulah coding yang harus di coba...supaya bisa mengetahui hasilnya...dan hasilnya adalah " ABC " seperti pada gambar pertama. Dan hasil dari coding yang kedua adalah sebagai berikut : 

Dan hasilnya adalah.." PON ", ternyata setelah coding yang kedua masih ada satu lagi coding yang harus dipecahkan, seperti pada gambar di bawah ini :


Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

Nah itulah hasil bercoding ria semalam suntuk...hemm dan masih belum kelar masih ada tugas menanti, kurang lebih seperti ini soalnya...coba dech kolaborasikan code pertama dan ketiga ini sehingga bisa memunculkan output huruf ABCDEFGHIJKLMNO tapi…hanya pakai 1 kali INT 21H nya. oc…? Nah itulah soal yang membuat kening semakin mengkerutkan dahi...! dan beberapa kali mengalami kegagalan dalam bercoding, malah jadi tertawa sendiri karena bingung tapi lucu...karena menemukan sesuatu yang baru tapi...masih belum terpuaskan dengan hasil yang dicapai...! inilah hasil kegagalan dalam bercoding ria :
Hemm semakin pusing dirikoe... dengan munculnya hasil coding ini, semakin penasaran saja rasanya..untuk menenukan hasil " ABCDEFGHIJKLMNOP "...semangat...walaupun masih menemukan kegagalan...! dan akhirnya dengan usaha yang tidak sia - sia selama semalan bercoding ria akhirnya terselesaikan juga hasil bercoiding ria yang diharapkan : 

Hemmm lega juga dan merasa puas dengan hasil yang diperoleh, waluapun masih bingung dengan coding - coding yang membayang - bayangi...kening ini...! semoga Postingan dari materi pemrograman bahasa rakitan ini bisa memenuhi Tugas Presensi tersebut. 

Post By : YULIANTO WAHYUDIN / SIA201141










 

Minggu, 16 September 2012

Review Pemrograman Bahasa Rakitan alias Assembly Language # 4


Dari gambar diatas diri koe, akan merivew sedikit tentang Mata Kuliah Pemrograman Bahasa Rakitan / Assembly Language yang kemarin dipaparkan oleh Mr Dosen Bpk Nahar Mardzyantoro, M.Kom. Pada gambar pertama bisa dilihat hasilnya adalah " ABC " kemudian pada gambar kedua hasilnya adalah " BC " dan pada gambar ketiga hasilnya adalah " ABC ". Diri koe pun masih sedikit bingung sebenarnya dengan percobaan ketiga di atas, tapi pada saat praktek...setelah tahu hasilnya sedikit mengerti maksudnya...tapi susah untuk mengatakan....prosesnya...kira - kira begitulah..Praktek Pemrograman Bahasa Rakitan kemarin di Kampus WUP...!

Nah, untuk sedikit meriview..materi kemarin mungkin sedikit saya menggambarkan prosesnya mengutip dari Blog Bpk. Nahar Mardzyantoro, M.Kom,  http://mardziyant.wordpress.com/ :

 
Dari code diatas, sebetulnya beberapa baris ada kemiripan instruksi seperti MOV AH,02H dan MOV DL,65 kemudian INT 21H dan INT 20H. karena ada kemiripan, maka kita bagi saja jadi 2 struktur seperti ini :

Perintah untuk memindahkan sebuah nilai yang berada di sumber menuju ke tujuan atau bahasa lainnya mengisikan nilai ke tujuan dari sumber. MOV AH,02H tujuannya berada di sebelum koma sedangkan sumbernya berada di setelah koma. untuk lengkapnya nanti di postingan tentang kamus bahasa rakitan.

Bagian ini contoh dari salah satu Register. koq salah satu? ya..karena register akan ada beberapa yang fungsi sudah ditentukan masing-masingnya. Apa sich REGISTER itu ? Komputer mempunyai memori yang letaknya berada di luar prosesor dan dalam prosesor. nah..register sendiri adalah memori yang letaknya berada di dalam prosesor.
Perbedaan register dengan memori lainnya yang berada di luar prosesor adalah dari segi kapasitas dan kecepatannya, kalau memori diluar prosesor kapasitasnya bisa mencapai Mega bahkan Giga dengan kecepatan akses yang rendah. namun reigster sebaliknya, ia mempunya kapasitas yang kecil hanya dalam satuan bit saja dengan kecepatan yang sangat tinggi.

JENIS REGISTER
1. Segment Register
2. Pointer dan Index Register
3. Flags Register
4. General Purpose Register
SEGMENT REGISTER
Register ini digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu segment. beberapa register ini adalah CS, DS, ES dan ES yang masing-masing berukuran 16 bit.
POINTER dan INDEX REGISTER
Register ini digunakan sebagai petunjuk atau pointer terhadap suatu lokasi memory. beberapa register ini adalah SP, BP,SI,DI yang masing-masing berukuran 16 bit.
FLAGS REGISTER
Register ini akan digunakan sebagai tempat penyimpanan tanda. seperti namanya, FLAGS register ini akan menyimpan data yang berupa keadaan 1 atau 0, ya atau tidak.
OF (Overflow Flag) = jika terjadi overflow pada operasi aritmatika, register ini akan bernilai 1.
SF (Sign Flag) = register ini akan bernilai 1 jika digunakan bilangan bertanda.
ZF (Zero Flag) = register ini akan bernilai 1 jika operasi bernilai nol.
CF (Carry Flag) = akan bernilai 1 jika terjadi carry pada operasi penjumlahan dan borrow pada operasi pengurangan.

 Post By : Yulianto Wahyudin / SIA201141

 

Sabtu, 08 September 2012

Hasil Kajian Materi Pemrograman Bahasa Rakitan 1

Gambar disamping adalah hasil dari uji coba dari bercoding ria, seperti yang ada dalam...materi Pemrograman Bahasa Rakitan / Assembly #1 yang ada dalam materi http://mardziyant.wordpress.com/category/bahasa-rakitanassembly/. hasilnya adalah kode huruf " A " setelah terakhir mengetikan kode1 pada comand promt yang ada. 
 
Kemudian hasil kajian dari materi  Pemrograman Bahasa Rakitan / Assembly #1 yang ada dalam materi http://mardziyant.wordpress.com/category/bahasa rakitanassembly/ yaitu : pada dasarnya sebuah komputer memiliki 3 elemen penting yang masing - masing harus saling melengkapi dan wajib hukumnya harus ada ketiga komponen tersebut, yaitu Hardware ( Perangkat Keras ), Software ( Perangkat Lunak ), dan Brainware ( Programer ).

Kemudian ada beberapa bahasa  yang digunakan untuk memerintah komputer itu sendiri, yaitu :

1. Bahasa Tingkat Tinggi (Ex. Delphi, VB, PHP)
2. Bahasa Tingkat Menengah (Ex. C/C++)
3. Bahasa Tingkat Rendah (Rakitan/Assembly)

Nah setelah mengenal bahasa yang digunakan untuk memerintah komputer, ada kelebihan yang terdapat menggunakan pemrograman bahasa rakitan, yaitu : 

1. Ukuran program lebih kecil, sehingga bisa ngirit media penyimpanan
2. Lebih dekat dengan hardware, sehingga kita bisa benar-benar memanfaatkan seluruh kemampuan 
    Komputer.
3. Bisa dibuat modular alias terpisah-pisah
4. Memiliki fasilitas makro

Selain kelebihan-kelebihan diatas, Bahasa Rakitan dapat diterapkan tidak hanya pada Personal Computer saja melainkan bisa kita gunakan sebagai program dari mikrokontroler.

Post By 
Yulianto Wahyudin / SIA201141