Dari gambar diatas diri koe, akan merivew sedikit tentang Mata Kuliah Pemrograman Bahasa Rakitan / Assembly Language yang kemarin dipaparkan oleh Mr Dosen Bpk Nahar Mardzyantoro, M.Kom. Pada gambar pertama bisa dilihat hasilnya adalah " ABC " kemudian pada gambar kedua hasilnya adalah " BC " dan pada gambar ketiga hasilnya adalah " ABC ". Diri koe pun masih sedikit bingung sebenarnya dengan percobaan ketiga di atas, tapi pada saat praktek...setelah tahu hasilnya sedikit mengerti maksudnya...tapi susah untuk mengatakan....prosesnya...kira - kira begitulah..Praktek Pemrograman Bahasa Rakitan kemarin di Kampus WUP...!
Nah, untuk sedikit meriview..materi kemarin mungkin sedikit saya menggambarkan prosesnya mengutip dari Blog Bpk. Nahar Mardzyantoro, M.Kom, http://mardziyant.wordpress.com/ :
Dari code diatas,
sebetulnya beberapa baris ada kemiripan instruksi seperti MOV AH,02H
dan MOV DL,65 kemudian INT 21H dan INT
20H. karena ada kemiripan, maka kita bagi saja jadi 2 struktur seperti
ini :
Perintah untuk
memindahkan sebuah nilai yang berada di sumber menuju ke tujuan atau bahasa
lainnya mengisikan nilai ke tujuan dari sumber. MOV AH,02H
tujuannya berada di sebelum koma sedangkan sumbernya berada di setelah koma.
untuk lengkapnya nanti di postingan tentang kamus bahasa rakitan.
Bagian ini contoh dari
salah satu Register. koq salah satu? ya..karena register akan ada beberapa yang
fungsi sudah ditentukan masing-masingnya. Apa sich REGISTER itu ? Komputer
mempunyai memori yang letaknya berada di luar prosesor dan dalam prosesor.
nah..register sendiri adalah memori yang letaknya berada di dalam prosesor.
Perbedaan register
dengan memori lainnya yang berada di luar prosesor adalah dari segi kapasitas
dan kecepatannya, kalau memori diluar prosesor kapasitasnya bisa mencapai Mega
bahkan Giga dengan kecepatan akses yang rendah. namun reigster sebaliknya, ia
mempunya kapasitas yang kecil hanya dalam satuan bit saja dengan kecepatan yang
sangat tinggi.
JENIS
REGISTER
1. Segment Register
2. Pointer dan Index Register
3. Flags Register
4. General Purpose Register
SEGMENT
REGISTER
Register ini
digunakan untuk menunjukan alamat dari suatu segment. beberapa register ini
adalah CS, DS, ES dan ES yang masing-masing berukuran 16 bit.
POINTER dan
INDEX REGISTER
Register ini digunakan
sebagai petunjuk atau pointer terhadap suatu lokasi memory. beberapa register
ini adalah SP, BP,SI,DI yang masing-masing berukuran 16 bit.
FLAGS
REGISTER
Register ini akan
digunakan sebagai tempat penyimpanan tanda. seperti namanya, FLAGS
register ini akan menyimpan data yang berupa keadaan 1 atau 0, ya atau tidak.
OF (Overflow Flag) = jika terjadi overflow pada
operasi aritmatika, register ini akan bernilai 1.
SF (Sign Flag) = register ini akan bernilai 1 jika
digunakan bilangan bertanda.
ZF (Zero Flag) = register ini akan bernilai 1 jika
operasi bernilai nol.
CF (Carry Flag) = akan bernilai 1 jika terjadi
carry pada operasi penjumlahan dan borrow pada operasi pengurangan.
Post By : Yulianto Wahyudin / SIA201141
Tidak ada komentar:
Posting Komentar