Jumat, 10 Agustus 2012

UAS IMK STIMIK WUP Non Reguler SIA201141 Yulianto Wahyudin


SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STIMIK WIDYA UTAMA
S1 & D3 TEKNIK INFORMATIKA – S1 SISTEM INFORMASI
 


SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP  ( TEORI )

Materi Kuliah                              : Interaksi Manusia Komputer ( HCI )
SKS                                                   : 3
Program Studi                            : S1 Teknik Informatika
Hari, Tanggal                               : Sabtu, 4 Agustus 2012
Dosen                                             : Nahar Mardiyantoro, M.Kom.
Sifat                                                 : Take Home Exame
Waktu                                            : Batas Waktu s.d 11 Agustus 2012
                                                            ( mardziyant@yahoo.com )


 
NAMA                            : YULIANTO WAHYUDIN
NIM                                 : SIA 201141
PROGDI                        : S1 TEKNIK INFORMATIKA

1.    Pada saat anda membangun sebuah interface, hal – hal apa saja yang harus diperhatikan dalam hal tata letak menu ...?
2.    Jelaskan keunggulan dari masing – masing jenis interface ( GUI, CLI, VUI ).
3.    Anda mendapatkan project sebuah Media Pembelajaran Elektronik Tentang pengenalan alat – alat transportasi dengan segmentasi pengguna adalah anak – anak usia PAUD, TK dan SD. Tugas anda, buatlah rancangan interface dari produk tersebut  yang user oriented.
4.    Buatlah kajian tentang IMK dari materi awal sampai akhir perkuliahan.
Catatan :
Jawaban diposting melalui blog, alamat blog dikirimkan ke mardziyant@yahoo.com dengan subject : UAS IMK STIMIK WUP Non Reguler SIA201141 maksimal tanggal 11 Agustus 2012 pukul 00.00.
Jawaban !
1.      Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam hal tata letak menu.
a.                  User Compatibility
Interface harus disesuaikan dengan user, dan tidak dianjurkan merancang interface untuk dirinya sendiri. Hal ini didasarkan karena sistem diciptakan untuk kebutuhan user.
b.                 Product Compability
Sebuah interface sistem, harus sesuai dengan bentuk manual atau tradisionalnya. Sehingga diharapkan menghasilkan laporan serta informasi yang detail dan akurat dibandingkan dengan sistem manual.
c.                   Task Compability
Interface harus membantu dan memudahkan user dalam menyelesaikan tugasnya.
d.                 Work Flow Compability
Sistem manual harus disediakan oleh pengembang perangkat lunak, dan menyediakan runutan-runutan pekerjaan yang ada pada sebuah sistem.
e.                  Consistency
Sebuah sistem harus sesuai dengan sistem nyata serta sesuai dengan produk yang dihasilkan.
f.                    Familiarity
Interface sebisa mungkin didesain dengan interface pada umumnya, dari segi tata letak, model, dan sebagainya.
g.                  Simplicity
Kesederhanaan perlu diperhatikan pada saat membangun interface.
h.                 Direct Manipulation
Sistem harus mempunyai media atau tools yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan pada interface sesuai dengan keinginan user. Dalam hal ini dicustomize oleh user.
i.                    Control
Sistem harus memiliki penanganan terhadap kesalahan yang dilakukan oleh user.
j.                    WYSIWYG
“what you see is what you get”, informasi yang ditampilkan harus sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh user.
k.                 Flexibility
Sistem harus menyediakan berbagai solusi penyelesaian suatu masalah.
l.                    Responsiveness
Sistem harus memiliki respon yang baik, maksudnya adalah kecepatan akses suatu sistem akan sangat mempengaruhi mood user.
m.               Invisible Technology
Suatu sistem harus memiliki suatu kelebihan yang tidak melulu diminta oleh user, maksudnya diciptakan suatu terobosan baru pada suatu sistem.
n.                 Robustness
Interface yang baik dapat berupa frase-frase menu atau error handling yang sopan.
o.                  Protection
Proteksi disini lebih menjaga kenyamanan user. Nyaman dimaksudkan user tidak menemui susasana kacau ketika user salah memasukkan data atau salah eksekusi.
p.                 Easy of Learning and Easy of Use
Kemudahan dalam mengoperasikan perangkat lunak hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.

2.        Jelaskan keunggulan dari masing – masing jenis interface ( GUI, CLI, VUI ) diantaranya :
A.     GUI ( Graphical User Intareface )
Adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pounting device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen unta dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).
GUI memberikan keuntungan seperti:
1. Gampang dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan
komputer cukup minim
2. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi
dimungkinkan
3. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan
B.     Command Line Interface (CLI)
CLI adalah tipe antar muka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di system operasi tersebut dengan mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda bentuk CLI-nya. Contonya UNIX memberi nama untu CLI-nya dengan nama bash, ash, ksk, dan lain-lain. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberikan nama command.com, atau Command Prompt untuk CLI-nya.
C.      Voice User Interface (VUI)
Aplikasi Antarmuka Suara Pengguna atau Voice User Interface (VUI) yang menggunakan teknologi pengenalan ucapan dimana pengendalian saklar lampu. Misalnya, tidak dilakukan secara manual dengan menggerakkkan saklar tetapi cukup mengeluarkan parintah dalam bentuk ucapan sebagai saklarnya. Metode ini membantu manusia yang secara fisik tidak dapat menggerakkan saklar karena cacat pada tangan. Penerapan VUI ini tidak hanya untuk lampu saja tetapi bisa juga untuk aplikasi-aplikasi control yang lain.

Tidak ada komentar: