Minggu, 30 September 2012

Asemblly#8 Mencetak Karakter Hijau Background Warna Merah

Oke disini dirikoe mau posting tugas kuliah Online Bahasa Rakitan #8 / Cetak Karakter Berwarna. Oke sebelum ke pembahasan dirikoe mau menampilkan tugas bercoding rianya dulu yah...? kita intip bareng yukk...?

Nah itulah hasil dari bercoding ria dengan rumus coding dibawah ini.... :
Mantap kan mas / mba'yu....! Hemm sebelum dirikoe mengerjakan tugas bercoding ria yang selanjutnya, kita review sedikit yuk...ko bisa muncul karakter warna biru dan bacground warna merah yah...? Hemmm ya walaupun ini juga menurut Bpk. Dosen...loh!

Warna yang dimaksud disini bukan hanya warna dari teksnya saja, tapi akan termasuk juga latar belakangnya. untuk bisa mengeluarkan karakter berwarna, coba tuliskan code dibawah ini Yah...? :

Interupt 10h – Service 09h

AH = Isikan nomor service (09h)
AL = Isikan karakter yang akan dicetak
BH = Nomor Halaman (default 00)
BL = Berisi atribut dari karakter


Keterangan :
BL = Blink ( bekedip )
R = Merah
G = Hijau
B = Biru
I = Intensitas Warna
semua bit hanya bernilai 1 dan 0 saja. jika kita ingin mengatifkan bit yang bersangkutan maka kita berikan nilai 1 pada bit tersebut, demikian pula sebaliknya jika kita ingin mematikan bit tersebut.
misalkan kita ingin memunculkan karakter yang berlatar belakangbiru karakter berwarna merah berintensitas tinggi maka nilai yang kita berikan pada BL adalah 00011100b.

Nah itulah kang mas mba'yu....sedikit review tentang materi pemrograman bahasa rakitan #8 mencetak karakter berwarna....! Nah tiba lah saatnya kita pada penghujung postingan...! To The Point Ja Yah....kita intip bareng - bareng yuk.....code yang dapat memunculkan karakter berwarna hijau dengan latar belakang merah, intensitas rendah dan berkedip.

Hemm....itulah hasilny kang mas mbak yuk....semoga apa yang saya posting bermanfaat untuk saya sendiri khususnya dan untuk para pembaca yang baik hati umumnya...! 

Post By : YULIANTO WAHYUDIN / SIA201141

Tidak ada komentar: